Headlines News :
Home » , , » Pawai Obor, Semarakkan HUT Pramuka ke-53 di Kutim

Pawai Obor, Semarakkan HUT Pramuka ke-53 di Kutim

Oleh By Redaksi : on Jumat, 15 Agustus 2014 | 03.19.00

Kasmidi mugeniSangatta, wartakutim.com - Memperingati Hari Jadi (HUT) Pramuka Yang Ke 53 disangatta Kutai Timur di meriahkan dengan pawai obor yang di ikutim sebanyak 630 Gugus Depan (Gudep), dari Kecamatan Sangatta Utara dan Sangatta Selatan.


Kegiatan ini, dimulai di halaman rumah Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Kutim Kasmidi Bulang yakni didepan monumen patung burung. Kegiatan pawai obor merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun untuk memperingati HUT Paramuka, yang mana merupakan instruksi Kwarnas.


Acara pembukaan pawai Obor ini, dibuka langsung oleh Asisten Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Mugeni tepat pukul 21.00 Wita tersebut, diikuti oleh. dan dihadiri oleh pengurus cabang, anggota pramuka dari penegak, penggalang, dan siaga berasal dari sekolah-sekolah di Sangatta Utara dan Sangatta Selatan.


Berkumpulnya ratusan orang dalam dengan cahaya obor membuat suasana begitu semarak, sehingga dalam sambutannya Asisten IV yang juga Anggota Mabincab Pramuka tersebut memulai dengan salam dan tepuk pramuka. Hal ini kontak berbalas dengan tepuk pramuka, prok prok prok prok oleh anggota pramuka dengan penuh semangat.


Dalam Sambutannya, Mugeni, memberikan apresiasi setinggi-tingginya pada seluruh anggota atas peringatan hari pramuka. Dirinya berharap agar pramuka terus melahirkan tunas-tunas muda yang cakap dan handal, serta mampu menjadi cerminan masa depan bangsa.


"Kwarcab Kutim luar biasa, karena merayakan HUT Pramuka dengan mengadakan pawai obor yang diikuti ratusan anggota. Sehingga hal ini berdampak pada kebangkitan besar generasi muda Indonesia, mengingat organisasi kepemudaan ini mengedepankan pendidikan karakter sebagai pola merubah bangsa kearah yang jauh lebih baik," jelasnya penuh semangat.


Ketua Kwarcab Kutim Kasmidi mengaku bahwa untuk perayaan HUt pada kali ini, tidak dilakukan upacara besar-besaran. Mengingat adanya kegiatan lebih besar yang akan dilaksanakan di Kutim


"Kami tidak melaksanakan upacara peringatan HUT Pramuka, karena akan dilaksanakan pada 9 Desember 2014 mendatang. Mengingat nantinya ada kegiatan nasional yang menghadirkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora, red) terkait kegiatan pramuka se-Kaltim dan Kaltara yang kebetulan Kutim ditunjuk menjadi tuan rumah acara besar itu nantinya. Karena jika dilangsungkan sekarang, maka kemungkinan besar beliau tidak bisa hadir. Mengingat adanya acara peringatan HUT RI ke-69," ucap Anggota DPRD terpilih dari partai Golkar.


Pada ulang tahun pramuka kali ini, Ketua Kwarcab Kutim berharap aktifitas anggota pramuka mampu menjadi contoh atau tauladan oleh generasi muda. Apalagi pada era sekarang, sangatlah sukar untuk kemudian menyatukan anak-anak dalam kegiatan kepemudaan yang membawa dampak positif seperti pramuka. Kegiataan kepemudaan menghadapi tantangan besar yakni hedonisme, yang muncul dari pengaruh pasar bebas. Dengan kegiatan kepanduan maka diharapkan generasi muda, khususnya yang ada di Kutim memiliki pilihan untuk beraktifitas secara positif dalam hal membina persahabatan sembari meningkatkan rasa kecintaan pada negara.


"Aktifitas kegiatan pemuda yang positif seperti pramuka, akan membawa dampak besar bagi generasi muda. Sehingga selain meningkatkan kemampuan juga akan menghindarkan mereka dari kegiatan-kegiatan negatif yang dapat merusak masa depan mereka. Untuk menghidupkan kembali semangat kecintaan kepada negara, karena pada masa sekarang hal tersebut mulai luntur. Untuk itulah kita akan menggerakan kembali semangat para pemuda dan pemudi melalui HUT Pramuka ke-53," terangnya ditemui disela-sela acara

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. warta kutim - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template