Headlines News :
Home » , » Anggota Paskibraka Kutim Sambangi Koarmatim AL

Anggota Paskibraka Kutim Sambangi Koarmatim AL

Oleh By Redaksi : on Senin, 25 Agustus 2014 | 23.12.00

[caption id="attachment_7271" align="aligncenter" width="900"]ANJANGSANA Rombongan Paskibraka Kutim Tahun 2014, saat melakukan anjangsana ke Markas Komando Armada Timur TNI Angkatan Laut di Surabaya. (JUNIA/HMS)[/caption]

Usai melakukan tugas sebagai Pasukkan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pada pelaksanaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia di Kabupaten Kutai Timur. Maka seluruh pemuda-pemudi yang direkrut dari 18 SMA/Sederajat dari berbagai kecamatan baik pedalaman dan pesisir Kutim diajak melakukan anjangsana menuju Komando Armada Timur TNI Angkatan Laut di Surabaya pada Selasa (19/8) lalu. Kegiatan ini merupaka bentuk apresiasi atas bentuk dedikasi dan pengorbanan 35 orang pemuda-pemudi dalam menjalankan tugas penting pada peringatan detik-detik proklamasi 17 Agustus 2014 lalu.


Dalam kesempatan ini para anggota Paskibraka melihat secara detail bagaimana prosedur pembinaan dan pelatihan bagi kadet Akademi Angkatan Laut (AAL) yang dilakukan di Koarmatim, yang kelak akan menjadi prajurit-prajurit tangguh untuk menjaga kedaulatan dan kejayaan bangsa Indonesia terutama dibidang pertahanan laut. Kunjungan tersebut didampingi langsung oleh Asisten Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Mugeni, Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Kutim Dwi Susilanto Gamawan, Kabid Pemuda Joko Raharjo, dan Kasi Pemberdayaan Pemuda Hapiah.


Rombongan diterima oleh Wakil Komandan Resimen AAL Letkol Laut (P) Budi Santosa dan Paopslat Resimen Letkol Laut (P) Ranu Samiaji, untuk kemudian melihat bagaimana tugas dan fungsi dari Koarmatim yang menjadi tumpuan kekuatan tempur TNI AL selain Koarmabar yang berada di Jakarta. Indonesia yang wilayah lautnya begitu luas, sudah barang tentu membutuhkan kekuatan laut yang besar. Karena secara geopolitik wilayah laut merupakan sarana strategis bagi pergerakkan kekuatan untuk menjaga kedaulatan bangsa.


"Koarmatim merupakan pusat pengendali pertahanan laut Indoenesia untuk wilayah timur, yang meliputi Jawa bagian timur, Kalimantan, Bali, NTB dan NTT, Sulawesi, Maluku hingga Papua. Kunjungan anggota Paskibraka Kutim merupakan sebuah kehormatan bagi kami, dengan demikian mereka dapat melihat bagaimana peran penting dari Koarmatim. Selain itu kami juga berharap agar pemuda-pemudi terbaik asal Kutim kemudian setelah melakukan kunjungan dapat memiliki keinginan untuk bergabung menjadi TNI AL dengan memasuki Akademi Angkatan Laut (AAL) nantinya," ucap Wakil Komandan Resimen AAL Letkol Laut (P) Budi Santosa.


Sementara itu Asisten IV Mugeni dalam kesempatan tersebut, mengatakan jika di Kutai Timur terdapat Lanal Sangatta yang merupakan salah-satu pangkalan TNI AL yang berada dibawah wilayah Komando Lantamal VI yang bermarkas di Makassar. Sehingga upaya menambah kecintaan dan kebanggan pemuda-pemudi anggota Paskibraka Kutim, terhadap kekuatan laut menjadi faktor utama yang mendorong pihaknya melakukan kunjungan ke Koarmatim di Suarabaya. "Anggota Paskibraka mendapatkan hadiah atas dedikasi mereka terhadap bangsa, untuk itulah kami mengajak mereka mengenal dan melihat secara dekat Koarmatim. Agar terbuka wasasan baru tentang pertahanan laut serta bagaimana mereka dapat memiliki peran kedepan, terutama bagi yang bercita-cita menjadi prajurit TNI AL. Maka ditempat inilah mereka nantinya menggapai mimpi besar itu," jelas Mugeni.


Adapun Kepala Disporapar Dwi Susilianto Gamawan mengungkapkan jika kegiatan anjangsana ini dilakukan setiap tahun usai pelaksanaan HUT RI, tahun 2013 lalu anggota Paskibraka Kutim melakukan kunjungan ke Akademi Angkatan Udara (AAU) di Yogyakarta. Pada tahun ini pihaknya membawa anggota Paskibraka mengunjungi Akademi Angkatan Laut di Koarmatim di Surabaya, dengan harapan makin memantik semangat bela negara dan kebanggan yang tinggi pada bangsa Indoensia. "Semoga kunjungan ini memiliki manfaat bagi mereka semua, karena tidak serta merta setiap orang dapat mudah masuk ke Koarmatim. Apalagi anggota Paskibraka disambut oleh ratusan orang siswa AAL dengan atraksi drum band yang luar biasa," terang pria bertubuh tinggi ini. (kmf3)

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. warta kutim - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template