Headlines News :
Home » , » Program Afirmasi Pendidikan Menengah Diperluas

Program Afirmasi Pendidikan Menengah Diperluas

Oleh By Redaksi : on Sabtu, 05 April 2014 | 05.38.00

Jakarta - Program afirmasi pendidikan menengah (ADEM) pada tahun ini akan diperluas ke daerah tertinggal, terluar, dan terdepan (3T) lainnya yaitu Aceh, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Barat.

Kebijakan baru ini ditempuh setelah program yang dimulai pada tahun lalu ini berhasil memberikan kesempatan kepada 500 siswa dari Provinsi Papua dan Papua Barat untuk menempuh pendidikan menengah di luar tanah Papua.

Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kemdikbud Achmad Jazidie mengatakan, kuota yang diberikan pada tahun ini untuk siswa dari Papua dan Papua Barat masih sama dengan tahun lalu yaitu 500, sedangkan untuk empat wilayah 3T yang baru sebanyak 200 kouta.

“Bedanya adalah dari empat daerah tadi tidak dikirimkan keluar provinsi. Mereka diambil dari daerah terpencil dan disekolahkan di ibukota provinsi,” katanya, Rabu (2/4/2014) di Jakarta.

Jazidie mengatakan, program ADEM merupakan salah satu skema mengembangkan pendidikan di Papua. Skema lainnya, kata dia, adalah sekolah berasrama dan SMA terbuka.

Program ini, lanjut dia, juga mendukung kesuksesan program strategis kementerian yang lain yaitu pendidikan menengah universal (PMU), yang memberikan kesempatan menempuh pendidikan menengah seluas-luasnya kepada seluruh anak bangsa usia 16-18 tahun.

“Program ADEM ini akan menambah kesuksesan program PMU karena target PMU ini kita ingin 97 % APK pendidikan menengah dicapai pada tahun 2020,” katanya. (Agung S.W)

Sumber : Kementerian Pendidikan RI
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. warta kutim - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template