Headlines News :
Home » , » DPRD Kaltim Cek Kesiapan Pileg Di Kaltara

DPRD Kaltim Cek Kesiapan Pileg Di Kaltara

Oleh By Redaksi : on Sabtu, 05 April 2014 | 10.42.00

Tanjung Selor,- Sebanyak empat Anggota DPRD Kalimantan Timur yang dipimpin Ketua Rombongan Abdul Djalil melakukan pertemuan dengan KPU kabupaten/kota se-Kalimantan Utara di Tanjung Selor, Kamis (3/4).

Rombongan yang diterima Asisten Pemerintahan Provinsi Kalimantan Utara Zainuddin dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik, dan Penanggulangan Bencana Provinsi Kaltara, Sanusi, terkait monitoring persiapan pelaksanaan pemilihan legislatif (pileg) di wilayah Kalimantan Utara, Rabu (9/4) mendatang.

Zainuddin mengatakan secara umum KPU kabupaten/kota di Kaltara telah siap melaksanakan hajatan demokrasi pileg. Karena saat ini belum ada KPU Kaltara maka pihaknya rutin melakukan komunikasi dan koordinasi dengan KPU Kaltim sekaligus memfasilitasi KPU kabupaten/kota agar pelaksanaan pemilu di Kaltara berjalan aman, lancar, dan tertib.

“Kami juga melakukan antisipasi khususnya pelaksanaan pileg di perbatasan. Sebab ada sekitar 30 ribu WNI yang akan memberikan hak suaranya di Tawau, Malaysia, Minggu (6/4) mendatang,”ujarnya.

Kondisi itu, lanjut Zainuddin rawan dan rentan terjadinya penggelembungan suara jika mereka melakukan pergerakan ke Nunukan atau Malinau. Pihaknya telah menyurati Konjen RI di Tawau untuk tidak mengijinkan WNI disana melakukan aktivitas keluar masuk wilayah Indonesia mulai 6-9 April mendatang.

Sementara itu Abdul Jalil mengaku pihaknya kecewa karena hingga saat ini belum adanya lembaga KPU di Provinsi Kaltara. Dia juga mengingatkan pelaksana di lapangan agar jangan sampai ada warga yang sudah memiliki hak pilih tidak masuk dalam DPT.

“Kalau belum masuk DPT harus diberi kemudahan agar mereka bisa memberikan hak pilihnya dengan menunjukan KTP atau surat keterangan dari kelurahan atau desa tempat tinggalnya,”ujarnya.

Sementara itu Anggota DPRD Kaltim lainnya Drs Rakhmat Madjid meminta agar KPU kabupaten/kota sigap dan cepat menyikapi pelaksanaan pemilu yang akan dilaksanakan dalam hitungan hari kedepan. Hal itu untuk mengantisipasi berbagai hal mulai dari distribusi alat dan kelengkapan pemilu termasuk pengamanan hingga pengiriman surat suara pasca pemilihan ke KPU kabupaten/kota.

“Hal lain yang harus diantisipasi jika ada surat suara rusak untuk segera diganti. Selain itu persiapkan TPS dengan baik di rumah sakit dan lapas serta tempat publik lain seperti pelabuhan dan bandara,”ujarnya. (drm/ayp/hmsprov)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. warta kutim - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template