Headlines News :
Home » , » 120 Mahasiswa-Mahasiswi Stiper Ikuti Pembekalan KKN

120 Mahasiswa-Mahasiswi Stiper Ikuti Pembekalan KKN

Oleh By Redaksi : on Rabu, 04 September 2013 | 00.55.00

SANGATTA --- Bupati Isran Noor memberikan pembekalan pada 120 mahasiswa-mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (Stiper) Kutai Timur yang berlangsung pada Selasa (3/9) di Aula Stiper. Dalam kesempatan tersebut Bupati memberikan pembekalan pada 120 mahasiswa-mahasiswi yang akan melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), di kecamatan Telen. Dalam pembekalan tersebut Bupati didampingi oleh Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (Stiper) Kutim Prof Dr Ir Djuraemi MSi, serta Kepala Bapemaspemdes Drs. H. Erlyan Noor.

Mahasiswa-mahasiwi ditekankan untuk dapat menggali potensi desa, dengan memberdayakan kekuatan masyarakat lokal yang berbasis pada pertanian terpadu dan berkelanjutan. Sehingga pembekalan tersebut mampu memberikan pengertian pada mahasiswa akan peran mereka dalam kehidupan bermasyarakat, melalui kegiatan KKN. Ada lima buah program studi yang mengikuti KKN dengan waktu kegiatan selama 1 bulan tersebut. Mulai dari Prodi Agro Teknologi, Ilmu Kelautan, Kehutanan, Teknik Pertanian, Kosentrasi Peternakkan. 

Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (Stiper) Kutim Prof Dr Ir Djuraemi MSi menyebutkan dalam KKN nantinya, mahasiswa-mahasiwi diminta untuk melakukan kegiatan yang lebih menyentuh aspek sosial kemasyarakatan dan pendidika pertanian, bukan pada kegiatan rutinitas KKN selama ini. Karena pada masa sekarang telah terjadi perubahan paradigma pada kegiatan KKN, dimana mahasiswa harus mampu mengangkat kemampuan masyarakat dalam hal penyerapan teknologi pertanian modren. 

"Saya tekankan mereka membantu pemerintah kecamatan dan desa dalam menyusun rencana pembangunan desa melalui pemanfaatan masyarakat lokal. Identifikasi permasalahan-permasalahan yang ada dilapangan, untuk dapat dipecahkan atau ditanggulangi. Jadi bukan seperti kegiatan KKN seperti pembuatan plat nama jalan atau lainnya, namun lebih pada kegiatan pembangunan paradigma masyarakat setempat," jelas Djuraemi.

Waktu kegiatan KKN akan dimulai 7 September dan usai pada 7 Oktober 2013 mendatang. Yang mana dalam pelaksanaanya akan ada tim penilai dari pihak Stiper Kutim pada pertengahan kegiatan KKN untuk memberikan arahan lebih jauh terkait kegiatan yang telah dilakukan selama setengah bulan berjalan. Sementara itu terkait pemilihan kecamatan Telen sebagai lokasi kegiatan, hal ini menurut Ketua Stiper adalah hasil kerjasama pihaknya dengan pihak Bapemaspemdes. "Kami memang bekerjasama dengan pihak Bapemaspemdes yang dipimpin oleh Bapak Erlyan Noor. Jika pada KKN sebelumnya dilaksanakan di Sangkulirang dan Karangan. Maka pada tahun ini dilakukan di Telen, untuk rencana kegiatan KKN pada tahun 2014 mendatang akan diletakkan di kecamatan Muara Bengkal. Sekali lagi saya mengharapkan mahasiswa-mahasiswi Stiper dapat mengimplementasikan ilmunya dalam kegiatan KKN ini, terlebih ini sesuai dengan Tridarma Perguruan Tinggi," Ucapnya. (kmf3)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. warta kutim - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template